11 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Ketahui


Manfaat ikan nila untuk kesehatan - Ikan nila adalah salah satu jenis ikan yang tergolong populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mengenai ikan nila, banyak orang yang menyebutkan bahwa ikan yang satu ini mirip dengan ikan mujair, bahkan tekstur dagingnya pun juga mirip dengan ikan mujair dan ikan mas.

Sama halnya dengan jenis ikan yang dikonsumsi lainnya, ikan nila juga merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak duri. Meskipun rasanya enak dan gurih, namun banyak juga orang yang merasa malas untuk mengkonsumsinya karena banyaknya duri di dalamnya. Namun tahukah anda kalau ternyata ikan nila ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ya, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Banyak orang yang memanfaatkan ikan nila sebagai hidangan sehari-hari. Bahkan sekarang juga sudah banyak restoran atau rumah makan yang menyediakan menu masakan ikan nila. Karena selain gurih dan enak, ikan nila juga sangat bermanfaat. Nah, berikut ini beberapa manfaat ikan nila untuk kesehatan:
11 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan
11 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan

1. Antioksidan

Ikan nila merupakan ikan air tawar. Meski air tawar namun juga memiliki kandngan antioksidan. Kandungan tersebut sangat baik untuk tubuh. Walaupun tidak sebanyak sayuran atau buah-buahan, namun kandungan antioksidan di dalamnya mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan tubuh.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ikan nila memiliki kandungan antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Ya, sistem imun tubuh yang meningkat akan membantu menguatkan tubuh, sehingga kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, selenium di dalamnya juga berperan penting dalam regulasi kelenjar tiroid, yang nantinya akan menjaga keseimbangan metabolisme, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mencerdaskan otak

Ikan nila memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan otak. Bahkan kandungan tersebut mampu membantu meningkatkan kecerdasan otak. Sehingga perkembangan kecerdasan otak anak akan lebih meningkat. Selain omega 3, ada juga kandungan kalium di dalamnya yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi oksigenasi pada otak.

4. Menjaga kesehatan gigi

Kesehatan gigi sangatlah penting untuk diperhatikan. Sebab, sakit gigi dapat mengganggu segalanya. Bahkan hal yang mudah dikerjakan pun menjadi sangat enggan dan sulit dikerjakan karena sakit gigi yang sangat. Kandungan fosfor dalam ikan nila mampu membantu menjaga dan menguatkan tulang serta gigi. Sehingga gigi tidak mudah rapuh dan berlubang.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Seperti penjelasan di atas bahwa ikan nila mengandung fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi ikan nila secara rutin dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang, sehingga tulang menjadi lebih kokoh dan terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis atau tulang keropos.

6. Cocok untuk program diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, anda bisa memanfaatkan ikan nila. Ikan ini sangat cocok untuk dijadikan menu diet anda. Kandungan kalori yang rendah serta lemak yang juga rendah, sangat cocok apabila dijadikan menu diet anda. Jangan takut mengkonsumsi ikan nila ketika anda menjalankan program diet.

7. Rendah kolesterol

Ikan nila rendah akan kandungan lemaknya, sehingga mampu meminimalisir tingkat lemak jahat atau kolesterol dalam tubuh. Mengkonsumsi ikan nila secara rutin akan membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga tidak perlu takut kolesterol naik.

8. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung juga sangat penting untuk diperhatikan. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan nila dapat membantu menurnkan resiko serangan jantung, ateroslerosis bahkan stroke. Selain itu, kalium di dalamnya juga baik untuk kesehatan jantung. Kalium di dalamnya akan membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

9. Mengurangi resiko BPH atau kanker prostat

Ikan nila memiliki kandungan selenium yang dapat membantu mencegah serta mengurangi resiko kanker prostat. Kandungan tersebut akan berkerja mencegah dan menangkal radikal bebas yang akan masuk dalam tubuh. Sehingga terjadinya stres oksidatif pada semua sistem organ akan terminimalisir. Selain itu, mutasi sel menjadi sel kanker pun akan dicegah dengan baik.

10. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini memang sangat mengganggu penampilan. Untuk mencegah dan mengatasinya, manfaatkanlah ikan nila. Mengkonsumsi ikan nila secara rutin dapat membantu mencukupi asupan selenium yang dapat menjaga kesehatan kulit. Selain itu, antioksidan di dalamnya juga mampu menjaga dan meminimalisir kerusakan sel akibat radikal bebas.

11. Dapat dijadikan peluang bisnis

Bagi beberapa orang yang jeli dalam berpikir mengenai bisnis, bisa memanfaatkan ikan nila sebagai peluang bisnis. Bisnis ikan nila ini termasuk bisnis yang menguntungkan. Pembibitannya pun tidak sulit dan tergolong mudah. Ikan nila bisa dijadikan sumber pengahasilan yang tinggi bagi anda. Manfaatkanlah selagi bisa dimanfaatkan.

Demikianlah informasi tetang 11 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "11 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel