11 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan


Manfaat jamur tiram untuk kesehatan - Jarum adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak macam atau jenisnya. Ada jenis jamur yang beracun, ada juga jenis jamur yang tidak beracun. Mungkin bagi orang awam akan beranggapan bahwa semua jamur itu beracun. Sebenarnya tidak semuanya, jenis jamur yang beracun seperti jamur boletus, pholiota, polyporus, lepiota, dan jenis lainnya.

Berbicara mengenai jamur, sebenarnya apabila anda mengerti tentang jamur, tanaman yang satu ini cocok untuk dijadikan bisnis. Karena selain rasanya yang enak juga banyak diminati orang-orang. Salah satu jenis jamur yang banyak diminati adalah jamur tiram. Jamur ini memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tentu saja jika dikonsumsi dalam takaran yang pas atau tidak berlebihan.

Jamur tiram merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, jamur tiram juga mengandung asam amino esensial yang lengkap. Lantas, apa saja manfaat dari semua kandungan tersebut? Berikut ini manfaat jamur tiram untuk kesehatan:

11 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan
11 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

Jamur tiram memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh akan menjadi lebih kuat dan kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit. Daya tahan tubuh pun akan menjadi lebih terjaga.

2. Membantu melawan radikal bebas

Jamur tiram memiliki kandungan senyawa penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan senyawa-senyawa antioksidan di dalamnya sangat baik dalam membantu melawan radikal bebas. Sehingga tubuh anda akan lebih aman dari serangan penyakit yang bersumber dari radikal bebas. Kandungan senyawa tersebut antara lain riboflamin, niacin, dan selenium.

3. Menurunkan berat badan

Bagi anda yangs sedang menjalankan program diet, jamur tiram dapat membantu melancarkan program yang anda jalani tersebut. Jamur tiram mengandung protein yang tinggi, kalori yang rendah dan kolesterol yang juga rendah. Bahkan mengandung air yang tinggi hingga 80%.  Kandungan serat di dalamnya juga baik untuk menurunkan berat badan.

4. Mencerdaskan otak

Kecerdasan otak sangatlah penting. Untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak, anda bisa memanfaatkan jamur tiram. Kandungan di dalamnya mampu meningkatkan kualitas sel-sel otak, sehingga menjadi lebih baik dan sensitif terhadap informasi yang disampaikan tubuh, dan otak pun lebih mudah mencerna semua informasi yang didapat. Sangat cocok bagi seusia anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan otak.

5. Pelancar sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang tidak lancar atau terhambat bisa menjadi pemicu datangnya berbagai macam penyakit. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan jamur tiram. Jamur ini mampu membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh anda. Sehingga tubuh tidak mengalami pegal-pebal dan tidak mudah mengalami kejang-kejang otot atau sakit pinggang.



6. Menurunkan tekanan darah

Bagi anda yang memiliki tekanan darah yang cenderung tinggi atau selalu meningkat, anda bisa memanfaatkan jamur tiram untuk menurunkan atau menstabilkannya. Kandungan zat ergosterol di dalamnya mampu mengembangkan nutrisi vitamin D dengan bantuan sinar matahari, sehinga menjadi lebih efektif. Hal inilah yang membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.

7. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi memang sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Untuk menurunkannya kembali, anda bisa memanfaatkan jamur tiram. Jamur tiram mengandung nutrisi yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara berkala. Mengkonsumsi jamur tiram secara rutin dua kali dalam sehari mampu membantu mempercepat penurunan kolesterol.

8. Mencegah pertumbuhan tumor dan kutil

Kandungan nutrisi dan senyawa penting dalam jamur tiram juga mampu membantu menghambat pertumbuhan sel tumor dan tumor jinak berbentuk kutil. Hal ini karena adanya kandungan zat besi yang mampu membentuk dan mempercepat pertumbuhan limfosit, yaitu senyawa yang mencegah sel tumor memasuki jaringan dalam tubuh.

9. Untuk perkembangan janin

Bagi ibu yang sedang hamil atau sedang mengandung, mengkonsumsi jamur tiram adalah pilihan yang tepat. Mengkonsumsi jamur tiram secara rutin selama masa kehamilan dapat membantu menjaga perkembangan janin. Nutrisi dalam jamur mampu meningkatkan oksigen dan sel darah merah ibu sehingga pertumbuhan janin menjadi lebih lancar dan asupan gizinya terpenuhi.

10. Mencegah pertumbuhan sel kanker prostat

Pertumbuhan sel knaker prostar juga bisa dicegah dengan memanfaatkan jamur tiram. Mengkonsumsi jamur tiram akan membantu menangkal atau mencegah pertumbuhan sel kanker prostat secara perlahan. Rajinlah mengkonsumsi jamur tiram sehari sebanyak dua sampai tiga kali. Hal ini juga dapat membantu menyembuhkan kanker prostat secara berkala.

11. Menyehatkan jaringan hati

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jamur tiram juga bisa membantu menjaga kesehatan jaringan hati. Mengkonsumsinya secara rutin akan membantu tubuh dalam menangkal serta mengeluarkan racun yang berada di dalam jaringan hati. Sehingga kesehatan hati pun bisa terjaga dengan baik dan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit hati.

Demikianlah informasi tentang 11 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "11 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel