Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya


Sakit kepala sebelah alias yang tak jarang disebut dengan migrain merupakan sebuahkeadaan dimana kepala merasakan sakit pada segi sebelah saja. Biasanya penyakit ini melanda orang dewasa, khususnya pada seseorang yang bekerja di perkantoran alias pekerjaan yang sibuk dengan pemikiran otak.

Berbicara tentang sakit kepala sebelah, sebetulnya sakit seperti ini mudah-mudah sulit. Terkadang sembuh dengan sendirinya, terkadang juga butuh pengobatan. Tetapi yang butuh kami ketahui yaitu jangan membiarkan migrain menetap. Segera perbuat pengobatan jika mengalami sakit kepala sebelah alias migrain.

Sakit migrain biasa dikarenakan oleh beberapa hal, umpama sebab kondisi tubuh yang tak lebih fit, sebab psikologis, sampai pengaruh luar seperti polusi serta kebisingan. Lantas, bagaimana cara menanggulanginya? Nah, sebelum tahu bagaimana cara menanggulanginya, berikut ini beberapa penyebab datangnya sakit kepala sebelah alias migrain:

Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya
Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya


Penyebab sakit kepala sebelah atau migrain

1. Kurang minum atau cairan

Setiap orang tentu perlu cairan dalam tubuhnya. Untuk itu sangat penting untuk memperhatikan asupan cairan dalam tubuh, supaya tak terjadi beberapa macam gangguan kesehatan semacam dehidrasi, sakit kepala, serta lain sebagainya. Biasanya, orang yang jarang minum alias jarang mengisi cairan tubuhnya, ia bakal mudah merasa lemas, lelah, pusing, serta malas meperbuat beberapa aktivitas.

2. Asap rokok

Bagi kebanyakan orang, terbukti asap rokok sangat mengganggu, Pasti saja, sebab telah tertara jelas bahwa rokok bisa merusak kesehatan. Bagi orang yang daya tahannya tak lebih, maka ketika berada di tempat yang tersedia asap rokok, bakal seketika merasakan pusing alias sakit kepala sebelah. Bukan hanya perokok aktiv, tapi juga perokok pasif.

3. Istirahat yang tidak teratur

Setiap orang tentu perlu istirahat, serta istirahat yang terbaik merupakan tidur. Nah, jika seseorang tak lebih istirahat serta tak lebih tidur, maka daya tahan tubuhnya bakal melemah. Jika faktor ini tak jarang diperbuat, maka bakal bisa menyebabkan pusing alias sakit kepala sebelah alias migrain. Bukan hanya istirahat yang tak lebih, tetapi istirahat yang tak teratur pun juga bisa menyebabkan migrain.

4. Stres

Terbukti bukan rahasia lagi kalau stres menjadi penyebab migrain alias sakit kepala sebelah. Stres biasanya dikarenakan oleh tidak sedikit hal. Tetapi pada intinya stres dikarenakan sebab otak yang tidak sanggup memikirkan tidak sedikit faktor alias menanggung tidak sedikit faktor yang trjadi pada dia sendiri. Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi setiap orang untuk tidak terlalu sepaneng dalam menghadapi segala hal.

5. Gula darah yang rendah

Kadar gula darah yang rendah juga dapat menjadi penyebab terjadinya sakit kepala sebelah alias migrain. Biasanya gula darah yang rendah bakal membikin seseorang menjadi lemas serta lesu. Serta seusai itu bakal mengdampakkan kepala menjadi sakit, pusing, alias migrain. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

6. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol terbukti tak boleh dikonsumsi. Tidak hanya menyebabkan sakit kepala sebelah, migrain, alias pusing, minuman beralkhohol juga bisa menyebabkan penyakit serius semacam obesitas, stroke, sampai serangan jantung. Maka jauhilah minuman beralkohol, sebab minuman tersebut adalah sumber penyakit yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Gejala migrain atau sakit kepala sebelah

Biasanya, migrain atau sakit kepala sebelah dapat menimbulkan beberapa gejala yang bisa kita ketahui. Berikut ini beberapa gejala migrain menurut Dokter TM:

1. Tubuh terasa lemas

Tubuh yang terasa lemas adalah gejala awal seseorang bakal mengalami sakit kepala sebelah alias migrain. Tubuh yang lemas dapat terjadi pada siapa saja. Gejala lemas inilah yang kemudian bakal diikuti dengan sakit kepala sebelah alias migrain. Jagala kondisi tubuh kamu supaya tubuh rutin segar, bersemangat, serta kuat.

2. Rasa mual dan ingin muntah

Gejala selanjutnya yaitu rasa mual para perut serta ingin muntah. Tubuh yang terasa lemas, serta kemudian terasa mual lalu ingin muntah, inilah gejala kamu bakal mengalami migrain alias sakit kepala sebelah. Gejala ini dapat terjadi pada siapa saja yang tak menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

3. Sakit perut atau diare

Sakit perut alias diare juga adalah gejala dari migrain alias sakit kepala sebelah. Apabila kamu mengalami sakit perut alias diare, segeralah untuk mengobatinya sebelum menjala ke sakit kepala sebelah. Apabila dibierkan begitu saja, maka dapat menyebabkan kepala menjadi pusing, sakit, serta migrain.

4. Konsentrasi menurun

Ketika konsentrasi seseorang menurun, maka dapat menjadi indikasi bahwa itu adalah gejala migrain. Biasanya seseorang yang terserang migrain bakal sangat susah untuk berpikir serta berkonsentrasi dalam segala hal. Bahkan faktor yang mudah untuk dikerjakan pun menjadi susah. Itulah salah satu gejala migrain, yaitu konsentrasi buyar alias menurun.

Cara mengobati sakit kepala sebelah

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari penyakit migrain atau sakit kepala, serta beberapa gejala migrain, berikut ini beberapa cara untuk mengobati penyakit sakit kepala sebelah yang perlu anda ketahui:

1. Minum obat

Untuk menanggulangi serta mengobati sakit kepala, pasti saja wajib dengan obat, baik itu obat alamiah maupun obat yang dikasih dokter alias obat yang dibeli di apotek. Kamu dapat menanggulangi migrain alias sakit kepala sebelah dengan minum obat migrain. Carilah obat yang tepat untuk menyembuhkan migrain.

2. Minum air putih

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa ketidak lebihan air putih alias cairan bisa menyebabkan seseorang merasa pusing, sakit kepala, alias migrain. Untuk mencegah serta menanggulanginya, maka pertidak sedikitlah minum air putih. Setidaknya sehari minum air putih setidak sedikit 8 lier alias 8 gelas. Tidak hanya menghindari migrain juga bisa menghindarkan gangguan dehidrasi.

3. Kompres dengan es batu

Anda juga bisa mengkompres kepala kamu dnegan es batu. Ya, dengan mengkompres es batu ini bakal bisa menolong meredakan sakit kepala sebelah alias migrain. Caranya, lumayan membungkus es batu dengan kain bersih, lalu tempelkan dengan sedikit mengoles serta memijatkan pada kening. Maka dengan cara perlahan sakit kepala sebelah bakal sembuh.

4. Pijat

Melakukan pijatan-pijatan perlahan pada kepala kamu juga bakal menolong menanggulangi sakit kepala sebelah. Kamu dapat meperbuat pijatan dengan sedikit olesan minyak herbal yang beraroma min. Lumayan oleskan pada kepala kamu yang sakit lalu pijatkan dengan cara perlahan supaya migrain dapat mereda.

5. Istirahat

Istirahat yang lumayan benar-benar diperlukan. Semacam yang sudah dijelaskan di atas bahwa istirahat yang tak lebih alias tak teratur dapat menyebabkan migrain. Maka untuk menanggulanginya yaitu dengan meperbuat istirahat yang teratur serta terjadwal. Pastikan kamu tidur pada jam yang cocok serta bangun pada jam yang sudah ditetapkan seblumnya. Faktor ini ditujukan supaya tak mudah terserang migrain.

6. Pergi ke dokter

Apabilah semua cara tidak mampu mengatasi atau mengobati sakit kepala sebelah yang anda alami, maka cara terakhir yang perlu anda lakukan adalah dengan membawanya ke dokter terdekat. Cobalah untuk memeriksakan apa yang terjadi pada sakit kepala yang anda alami tersebut. Apakah disebabkan oleh penyakit kronis atau karena hal lainnya. 

Demikianlah informasi tentang Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel