15 Manfaat Ubi Jalar untuk kesehatan


Manfaat ubi jalar untuk kesehatan - Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu mengkonsumsi ubi jalar. Ubi jalar sangat mudah untuk kita temui, bahkan di pasar-pasar pun banyak yang menjual sayuran ubi jalar ini. Jadi, anda tidak perlu repot-repot mencari kesana kemari.

Berbicara mengenai ubi jalar, biasanya ubi ini sering diolah menjadi makanan cemilan. Banyak yang memanfaatkan ubi jalar sebagai cemilan maupun makanan pokok. Hanya saja di Indonesia belum banyak yang menggunakan ubi jalar sebagai makanan pokok. Namun asal kita ketahui, ubi jalar memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Hal ini karena adanya kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya yang begitu melimpah.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mengkonsumsi makanan nabati seperti ubi jalar dapat membantu mengurangi resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini beberapa manfaat ubi jalar untuk kesehatan:
15 Manfaat Ubi Jalar untuk kesehatan
15 Manfaat Ubi Jalar untuk kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

Sistem imunitas tubuh yang selalu meningkat dan kuat dapat menjadi keuntungan bagi kesehatan tubuh. Ya, dengan sistem imun yang kuat, tubuh pun akan menjadi kuat dan kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh, anda bisa mengkonsumsi ubi jalar secara rutin. Kandungan vitamin C dan beta karoten di dalamnya sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

2. Mengatasi peradangan

Ubi jalar memiliki kandungan nutrisi yang bernama kolin. Nutrisi tersebut sangat bermanfaat dalam membantu memudahkan anda tidur, membantu gerakan otot, belajar, dan meningkatkan memori. Dengan mengkonsumsi ubi jalar secara rutin, struktur membran sel dalam tubuh akan lebih kuat dalam pertahannya, transmisi impuls saraf pun akan lebih terbantu. Selain itu, pencerapan lemak akan lebih mudah dan inflammation lebih berkurang.

3. Sumber energi

Pasokan energi sangatlah penting bagi tubuh kita. Hal ini ditujukan agar tubuh menjadi lebih kuat dalam menjalani aktivitas setiap harinya. Nah, kandungan mineral zat besi dan magnesium di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Zat besi pada ubi jalar juga dapat merangsang produksi pembentukan sel darah bagi tubuh.

4. Menyehatkan pencernaan

Pencernaan yang kurang sehatbisa menjadi penyebab datangnya berbagai masalah kesehatan, seperti BAB yang tidak lancar, sembelit, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi ubi jalar. Ubi jalar memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Konsumsilah secara rutin.

5. Atasi bronkitis dan asma

Penyakit bronkitis dan asma memang tidak bisa dibiarkan begitu saja, untuk mengatasi dan mencegahnya, anda bisa mengkonsumsi ubi jalar secara rutin. Ubi ini memiliki kandungan vitamin C, besi, serta nutrisi lainnya yang dapat membantu mengatasi penyakit bronkitis dan asma, serta masalah gangguan pernafasan.

6. Mengobati stres

Bagi anda yang mudah stres, anda bisa memanfaatkan ubi jalar. Stres memang terasa tidak nyaman, obatilah dengan mengkonsumsi ubi jalar secara rutin. Kandungan vitamin B dalam bentuk asam pantotenat pada ubi jalar dapat membantu mengatasi stres yang anda alami. Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin.

7. Mengobati sakit artritis

Ubi jalar juga memiliki komposisi betakaroten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk mengobati atritritis. Anda cukup mengkompres bagian tubuh yang mengalami sakit akibat artritis dengan menggunakan air rebusan ubi jalar. Lakukan secara rutin hingga sakit artritis anda sembuh.

8. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Kesehatan gigi dan gusi sangat penting untuk diperhatikan. Apabila gigi atau gusi sakit, maka aktivitas pun menjadi terganggu, mau apapun terasa tidak nyaman, makan apapun terasa tidak nyaman. Itu sebabnya anda perlu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Konsumsilah ubi jalar, kandungan vitamin A dan C di dalamnya mampu membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi anda.

9. Memperkuat tulang

Tulang anda juga bisa menjadi lebih kuat dan kokoh dengan rutin mengkonsumsi ubi jalar. Kandungan mineral di dalamnya akan membantu anda dalam melawan berbagai macam penyakit tulang maupun persendian. Kandungan mangan di dalamnya juga dapat memberikan hingga 44 % dari RDA anda. Sangat baik untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan sebagainya.

10. Mencegah diabetes

Ubi jalar mengandung indeks glikemik rendahm, bahkan berdasarkan penelitian bahwa ubi jalar mampu mengurangi kadar gula darah dan resistansi insulin pada penderita diabetes. Mengkonsumsi ubi jalar satu buah saja dapat memberikan sekitar 6 gram serat, sangat cocok bagi anda yang memiliki masalah dnegan diabetes.

11. Mengurangi tekanan darah

Tekanan darah rendah memang dapat memicu berbagai macam gangguan kesehatan. Yang biasa dialami ketika tekanan darah rendah seperti lemas, pusing, dan tidak kuat berjalan. Kandungan kalium pada ubi jalar bisa anda manfaatkan untuk membantu menormalkan kembali tekanan darah anda yang rendah. Sehingga akan terbebas dari anemia.

12. Mengatur kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi memang sangat membahayakan tubuh, untuk mengataurnya kembali agar bisa stabil, anda bisa mengkonsumsi ubi jalar secara teratur. Kandungan serat dalam ubi jalar telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, anda tidak perlu khawatir kadar kolesterol naik.

13. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung sangatlah penting untuk diperhatikan, salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi ubi jalar. Kandungan vitamin B6 di dalamnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Bahkan dapat memenuhi 27 % dari AKG. Mengkonsumsi ubi jalar secara rutin akan membantu mencegah penumpukan homosistein dalam darah. Sehingga resiko penyakit jantung akan berkurang.

14. Mengatasi kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang perlu diperhatikan. Jika penyakit ini menyerang tubuh dan dibiarkan akan sangat berbahaya. Segera atasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti ubi jalar. Kandungan vitamin C dalam ubi jalar merupakan komponen penting dalam mengatasi kanker. Terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan lainnya.

15. Mencegah keriput

Selain untuk kesehatan, ubi jalar juga baik untuk kecantikan, yaitu dapat membantu mencegah keriput dan tanda penuaan dini lainnya. Kandungan vitamin E di dalamnya dapat membantu mencegah penuaan kulit. Dengan mengkonsumsi secara rutin, maka kesehatan dan kecantikan kulit wajah akan lebih terjaga.

Demikianlah informasi tentang 15 Manfaat Ubi Jalar untuk kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "15 Manfaat Ubi Jalar untuk kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel