9 Manfaat Daun Krokot bagi Kesehatan


Manfaat daun krokot bagi kesehatan - Krokot adalah salah satu tanaman yang sangat mudah tumbuh dimana saja. Entah itu diperkebunan, pekarangan, sawah, ladang, pinggir jalan, dan lain sebagainya. Untuk menanamnya pun tidak sulit, bahkan tanaman krokot yang dibuang pun bisa tumbuh dengan sendirinya.

Berbicara mengenai krokot, biasanya tanaman ini sering dijadikan maknan hewan ternak seperti sapi dan kambing, yaitu pada bagian daunnya. Bagi sebagian orang, mungkin akan menganggap tanaman krokot sebagai tanaman yang tidak berguna selain sebagai makanan hewan ternak. Asal kita ketahui, sebenarnya daun krokot memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Telah banyak masyarakat yang memanfaatkan daun krokot sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan..

Banyaknya manfaat daun krokot tidak lepas dari kandungan zat gizi dan nutrisi di dalamnya. Daun krokot mengandung tanin, fosfor, saponin, kalsium, fosfat, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, sodium, dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini beberapa manfaat daun krokot untuk kesehatan tubuh:

9 Manfaat Daun Krokot bagi Kesehatan
9 Manfaat Daun Krokot bagi Kesehatan

1. Mengobati bisul

Daun krokot memiliki kandungan beberapa zat yang efektif dalam mengobati bisulan. Bagi anda yang memiliki masalah bisulan, anda bisa memanfaatkan daun krokot sebagai obat alami. Cukup minum teh krokot setiap hari sebanyak sepertiga cangkir teh, hingga bisul terasa mengempis dan kering atau hilang tanpa meninggalkan bekas.

2. Obat demam

Untuk mengobati demam, anda juga bisa memilih daun krokot sebagai bahan alami ramuan obat anda. Siapkan 2 batang krokot lalu dicuci hingga bersih. Kemudian direbus, tidak perlu sampai matang. Makanlah selagi masih hangat. Lakukan cara ini sampai demam pada tubuh anda menurun.

3. Mengobati sakit kuning (juga radang gusi)

Sakit kuning bisa anda sembuhkan dengan daun krokot. Selain itu, kandungan pada daun krokot juga bsia mengobati radang gusi. Anda hanya perlu menyiapkan herba krokot sebanyak 200 gram lalu direbus. Kemudian dinginkan selama beberapa saat. Lalu minum air ramuan tersebut hingga sakitnya reda.

4. Mengobati disentri dan maag

Penyakit disentri dan maag memang sangat mengganggu, apalagi saat waktu-waktu sibuk seperti di tempat kerja. Untuk mengobatinya, anda cukup menyiapkan 50 gram daun krokot segar, lalu diuapkan selama 3-5 menit. Kemudian tumbuklah hingga halus dan peras untuk diambil airnya. Minumlah air perasan tersebut sehari tiga kali masing-masing sebanyak 50 cc.



5. Mengobati borok dan radang kulit

Borok atau radang kulit bisa juga sangat mengganggu apabila terlihat oleh mata, karena mengganggu penampilan. Untuk mengobatinya, anda hanya perlu mencuci segenggam krokot segar, tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam, lalu oleskan pada bagian yang terdapat borok atau penyakit kulit pada tubuh anda.

6. Mengobati kencing darah

Kencing darah juga perlu anda atasi dengan cara alami, salah satunya yaitu dengan krokot. Siapkan krokot dalam bentuk herba sebanyak 100 gram. Lalu direbus hingga mendidih. Setelah itu saringlah airnya. Setelah terasa hangat, minumlah airnya air saringan tersebut secara rutin hingga kencing darah berhenti atau sembuh.

7. Mengatasi gugup, gelisah, dan jantung berdebar

Bagi anda yang sering gugup, gelisah, dan juga jantungnya sering berdebar-debar, tidak perlu khawatir, atasi dengan memanfaatkan daun krokot. Siapkan 4 batang krokot yang telah dicuci dan digiling, tambahkan setengah cangkir air matang, dan sesendok makan madu. Kemudian peraslah airnya lalu minum secara rutin. Lakukan cara ini 2 kali sehari. Maka gejala jantung berdebar akan berkurang.

8. Mengobati radang akut usus buntu

Penyakit radang akut usus buntu memang sangat membahayakan jika dibiarkan begitu saja. Untuk itu segeralah diobati dengan berbagai cara yang cocok. Anda bisa memanfaatkan daun krokot untuk mengobatinya. Ambilah herga krokot segenggam, cuci hingga bersih lalu tumbuk dan peras hingga terkumpul airnya kurang lebih 30 ml. Tambahkan gula putih secukupnya. Minumlah 3x sehari.

9. Mengatasi keputihan

Keputihan pada wanita juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun krokot. Daun ini memiliki kandungan zat yang ampuh mengatasi keputihan. Siapkan 200 gram krokot lalu dijus dan diambil airnya. Masukkan putih telur, lalu ditim. Kemudian anda tinggal memakannya selagi masih hangat.

Demikianlah informasi tentang 9 Manfaat Daun Krokot bagi Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "9 Manfaat Daun Krokot bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel